SILABUS MATA PELAJARAN:
Satuan
Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Teknik Pemesinan CNC
Kelas
/Semester : XII / 5 (4 x 18 = 72 JP)
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
Kompetensi Dasar**
|
Materi Pokok***
|
Kegiatan Pembelajaran****
|
Penilaian*****
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
Semester 5
|
|||||
|
1.1 Menyadari
sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda
dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam mengidentifikasikan mesin bubut CNC
dan fungsinya
|
Mesin bubut CNC dan fungsinya (definisi mesin bubut CNC, macam-macam mesin bubut
CNC, bagian-bagian utama
mesin bubut CNC, perlengkapan mesin bubut CNC, alat bantu kerja dan dimensi
mesin bubut CNC), untuk
pembubutan benda kerja dengan perintah gerakan:
·
Linier
·
Radius
·
Pengaluran
·
Pengeboran
·
Pereameran
·
Pengulran
|
Mengamati
:
·
Mesin
bubut CNC dan fungsinya
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan
mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang mesin bubut CNC dan fungsinya
Pengumpulan
Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan
menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk
menjawab pertanyaan yang diajukan tentang mesin bubut CNC dan fungsinya
Mengasosiasi
:
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya,
selanjutnyanya disimpulkan dengan
urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang mesin bubut CNC dan fungsinya
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang mesin bubut CNC dan fungsinya
|
Tugas:
·
Hasil
pekerjaan mengidentifikasi mesin bubut CNC dan fungsinya
Observasi :
·
Proses
pelaksanaaan tugas mengidentifikasikan mesin bubut CNC dan fungsinya
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis terkait dengan mesin bubut CNC dan fungsinya
|
4 jam pelajaran
|
· Wirawan
Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi
Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Buku
referensi dan artikel yang sesuai
|
|
1.2
Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam mengidentifikasikan mesin bubut CNC dan fungsinya
|
|||||
|
2.1 Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif
dan tanggung jawab dalam mengidentifikasikan mesin
bubut CNC dan fungsinya
|
|||||
|
2.2 Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
menyelesaikan masalah
perbedaan konsep berpikir dan
cara mengidentifikasikan mesin bubut CNC dan fungsinya
|
|||||
|
2.3 Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
mengidentifikasikan mesin bubut CNC
dan fungsinya
|
|||||
|
3.1 Mengidentifikasi
mesin bubut CNC dan fungsinya
|
|||||
|
4.1 Mengidentifikasikan
mesin bubut CNC dan fungsinya
|
|||||
|
1.1
Menyadari sempurnanya
konsep Tuhan tentang benda-benda dengan fenomenanya untuk dipergunakan
sebagai aturan dalam mengidentifikasikan
parameter pemotongan mesin bubut CNC
|
Parameter pemotongan mesin bubut CNC (cutting speed, feeding,
kecepatan putaran mesi bubut/Rpm, waktu pemesinan), untuk pembubutan benda
kerja dengan perintah gerakan:
·
Linier
·
Radius
·
Pengaluran
·
Pengeboran
·
Pereameran
·
Pengulran
|
Mengamati
:
·
Parameter
pemotongan mesin bubut CNC
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan
mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang parameter pemotongan mesin bubut CNC
Pengumpulan
Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan
menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk
menjawab pertanyaan yang diajukan tentang parameter pemotongan mesin bubut CNC
Mengasosiasi
:
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya,
selanjutnyanya disimpulkan dengan
urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang parameter pemotongan mesin bubut CNC
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang parameter pemotongan mesin bubut CNC
|
Tugas:
·
Mengidentifikasiparameter
pemotongan mesin bubut CNC
Observasi :
·
Proses
mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin bubut CNC
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis terkait parameter pemotongan mesin bubut CNC
|
8 jam pelajaran
|
· Wirawan
Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi
Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Buku
referensi dan artikel yang sesuai
|
|
1.2
Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam menggunakan parameter pemotongan mesin bubut CNC
|
|||||
|
2.1
Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam mengidentifikasikan
parameter pemotongan mesin bubut CNC
|
|||||
|
2.2 Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
menyelesaikan masalah
perbedaan konsep berpikir dan
cara mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin bubut CNC
|
|||||
|
2.3 Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin bubut CNC
|
|||||
|
3.2 Mengidentifikasi
Parameter pemotongan mesin bubut CNC
|
|||||
|
4.2 Mengidentifikasikan Parameter pemotongan mesin bubut CNC
|
|||||
|
1.1
Menyadari sempurnanya
konsep Tuhan tentang benda-benda dengan fenomenanya untuk dipergunakan
sebagai aturan dalam
menggunakan teknik pemograman mesin bubut CNC
|
Teknik pemograman mesin bubut CNC (sistem pemograman dan fungsi G
code/ M code), untuk pembubutan benda kerja dengan perintah gerakan:
·
Linier
·
Radius
·
Pengaluran
·
Pengeboran
·
Pereameran
·
Pengulran
|
Mengamati
:
·
Teknik
pemograman mesin bubut CNC
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan
mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang teknik pemograman mesin bubut CNC
Pengumpulan
Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan
menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk
menjawab pertanyaan yang diajukan tentang teknik pemograman mesin bubut CNC
Mengasosiasi
:
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang teknik pemograman mesin bubut CNC
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang teknik pemograman mesin bubut CNC
|
Tugas:
·
Mengidentifikasikan
teknik pemograman mesin bubut CNC
Observasi :
·
Proses
menggunakan teknik pemograman mesin bubut CNC
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis terkait menggunakan teknik pemograman mesin bubut CNC
|
24 jam pelajaran
|
· Wirawan
Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi
Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Buku
referensi dan artikel yang sesuai
|
|
1.2
Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam menggunakan teknik pemograman mesin bubut CNC
|
|||||
|
2.1
Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam menggunakan
teknik pemograman mesin bubut CNC
|
|||||
|
2.2 Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
menyelesaikan masalah
perbedaan konsep berpikir dan
cara menggunakan teknik pemograman mesin bubut CNC
|
|||||
|
2.3 Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
teknik pemograman mesin bubut CNC
|
|||||
|
3.3 Menerapakan
teknik pemograman mesin bubut CNC
|
|||||
|
4.3 Mengguanakan
teknik pemograman mesin bubut CNC
|
|||||
|
1.1
Menyadari sempurnanya
konsep Tuhan tentang benda-benda dengan fenomenanya untuk dipergunakan
sebagai aturan dalam menggunakan
teknik pemesinan bubut CNC
|
Teknik pemesinan bubut CNC (menetapkan
perintah dalam bahasa pemogram,
menyusun program, input data uji coba program, pemilihan dan penetapan
peralatan,
pemasangan fixture/perlengkapan/alat bantu kerja, pemasangan benda
kerja, setting mesin/pengaturan
parameter pemotongan, , proses pemotongan/ langkah kerja dan koreksi
program), untuk pembubutan benda kerja dengan perintah gerakan:
·
Linier
·
Radius
·
Pengaluran
·
Pengeboran
·
Pereameran
·
Pengulran
|
Mengamati
:
·
Teknik
pemesinan bubut bubut CNC
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan
mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang teknik pemesinan bubut bubut CNC
Pengumpulan
Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan
menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk
menjawab pertanyaan yang diajukan tentang teknik pemesinan bubut bubut CNC
Mengasosiasi
:
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya,
selanjutnyanya disimpulkan dengan
urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang teknik pemesinan bubut bubut CNC
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang teknik pemesinan bubut bubut CNC
|
Tugas:
·
Menerapakan
teknik pemesinan bubut bubut CNC
Observasi :
·
Proses
menggunakan teknik pemesinan bubut bubut CNC
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis terkait teknik pemesinan bubut bubut CNC
|
36 jam pelajaran
|
· Wirawan
Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi
Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Buku
referensi dan artikel yang sesuai
|
|
1.2
Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam menggunakan teknik pemesinan bubut CNC
|
|||||
|
2.1
Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam menggunakan
teknik pemesinan bubut CNC
|
|||||
|
2.2 Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
menyelesaikan masalah
perbedaan konsep berpikir dan
cara menggunakan teknik pemesinan bubut CNC
|
|||||
|
2.3 Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
menggunakan teknik pemesinan bubut CNC
|
|||||
|
3.4 Menerapkan teknik pemesinan bubut CNC
|
|||||
|
4.4 Menggunakan teknik pemesinan bubut CNC
|
|||||
SILABUS MATA PELAJARAN:
Satuan
Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Teknik
Pemesinan CNC
Kelas
/Semester : XII / 6 (4 x 17 = 68 JP)
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
Kompetensi Dasar**
|
Materi Pokok***
|
Kegiatan Pembelajaran****
|
Penilaian*****
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
|
Semester 6
|
||||||
|
1.1 Menyadari
sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda
dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam mengidentifikasikan mesin frais CNC
dan fungsinya
|
Mesin frais CNC dan fungsinya (definisi mesin frais CNC, macam-macam mesin frais CNC, bagian-bagian utama mesin frais CNC, perlengkapan
mesin frais CNC, alat
bantu kerja dan dimensi mesin frais CNC), untuk pengefraisan benda kerja dengan
perintah gerakan:
·
Linier
·
Setengah
lingkaran/radius
·
Melingkar
·
Drilling
·
Boring
·
Tapping
·
Pengeboran
dalam satu lingkaran sumbu
·
Poket
melingkar
·
Poket
segi empat
|
Mengamati
:
·
Mesin
frais CNC dan fungsinya
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan
mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang mesin frais CNC dan fungsinya
Pengumpulan
Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan
menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk
menjawab pertanyaan yang diajukan tentang mesin frais CNC dan fungsinya
Mengasosiasi
:
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya,
selanjutnyanya disimpulkan dengan
urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang mesin frais CNC dan fungsinya
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang mesin frais CNC dan fungsinya
|
Tugas:
·
Hasil
pekerjaan mengidentifikasi mesin frais CNC dan fungsinya
Observasi :
·
Proses
pelaksanaaan tugas mengidentifikasikan mesin frais CNC dan fungsinya
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis terkait dengan mesin frais CNC dan fungsinya
|
4 jam pelajaran
|
· Wirawan
Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi
Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Buku
referensi dan artikel yang sesuai
|
|
|
1.2 Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai
tuntunan dalam
mengidentifikasikan mesin bubut CNC dan fungsinya
|
||||||
|
2.1
Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam
mengidentifikasikan mesin frais CNC dan fungsinya
|
||||||
|
2.2
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
menyelesaikan masalah
perbedaan konsep berpikir dan
cara mengidentifikasikan mesin bubut CNC dan fungsinya
|
||||||
|
2.3
Menunjukkan
sikap responsif,
proaktif, konsisten,
dan berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam mengidentifikasikan
mesin frais CNC dan fungsinya
|
||||||
|
3.1 Mengidentifikasi mesin frais CNC dan fungsinya
|
||||||
|
4.1 Mengidentifikasikan mesin frais CNC dan fungsinya
|
||||||
|
1.1
Menyadari sempurnanya
konsep Tuhan tentang benda-benda dengan fenomenanya untuk dipergunakan
sebagai aturan dalam mengidentifikasikan
parameter pemotongan mesin frais CNC
|
Parameter pemotongan mesin frais CNC (cutting speed, feeding,
kecepatan putaran mesi frais/Rpm, waktu pemesinan), untuk pengefraisan benda
kerja dengan perintah gerakan:
·
Linier
·
Setengah
lingkaran/radius
·
Melingkar
·
Drilling
·
Boring
·
Tapping
·
Pengeboran
dalam satu lingkaran sumbu
·
Poket
melingkar
·
Poket
segi empat
|
Mengamati
:
·
Parameter
pemotongan mesin frais CNC
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan
mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang parameter pemotongan mesin frais CNC
Pengumpulan
Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan
menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk
menjawab pertanyaan yang diajukan tentang parameter pemotongan mesin frais CNC
Mengasosiasi
:
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya,
selanjutnyanya disimpulkan dengan
urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang parameter pemotongan mesin frais CNC
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang parameter pemotongan mesin frais CNC
|
Tugas:
·
Mengidentifikasi
parameter pemotongan mesin frais CNC
Observasi :
·
Proses
mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin frais CNC
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis terkait parameter pemotongan mesin frais CNC
|
8 jam pelajaran
|
· Wirawan
Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi
Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Buku
referensi dan artikel yang sesuai
|
|
|
1.2
Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam menggunakan parameter pemotongan mesin frais CNC
|
||||||
|
2.1
Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam mengidentifikasikan
parameter pemotongan mesin frais CNC
|
||||||
|
2.2
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
menyelesaikan masalah
perbedaan konsep berpikir dan
cara mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin frais CNC
|
||||||
|
2.3
Menunjukkan
sikap responsif,
proaktif, konsisten,
dan berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin frais CNC
|
||||||
|
3.2 Mengidentifikasi parameter pemesinan frais CNC
|
||||||
|
4.2 Mengidentifikasikan
parameter pemesinan frais CNC
|
||||||
|
1.1
Menyadari sempurnanya
konsep Tuhan tentang benda-benda dengan fenomenanya untuk dipergunakan
sebagai aturan dalam mengidentifikasikan
teknik pemograman mesin frais CNC
|
Teknik pemograman mesin frais CNC (sistem pemograman dan fungsi G
code/ M code), untuk pengefraisan benda kerja dengan perintah gerakan:
·
Linier
·
Setengah
lingkaran/radius
·
Melingkar
·
Drilling
·
Boring
·
Tapping
·
Pengeboran
dalam satu lingkaran sumbu
·
Poket
melingkar
·
Poket
segi empat
|
Mengamati
:
·
Teknik
pemograman mesin bubut CNC
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan
mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang teknik pemograman mesin frais CNC
Pengumpulan
Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan
menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk
menjawab pertanyaan yang diajukan tentang teknik pemograman mesin frais CNC
Mengasosiasi
:
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang teknik pemograman mesin frais CNC
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang teknik pemograman mesin frais CNC
|
Tugas:
·
Mengidentifikasi
teknik pemograman mesin frais CNC
Observasi :
·
Proses
mengidentifikasikan teknik pemograman mesin frais CNC
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis terkait menggunakan teknik pemograman mesin frais CNC
|
24 jam pelajaran
|
· Wirawan
Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi
Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Buku
referensi dan artikel yang sesuai
|
|
|
1.2
Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam menggunakan teknik pemograman mesin frais CNC
|
||||||
|
2.1
Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam mengidentifikasikan
teknik pemograman mesin bubut CNC
|
||||||
|
2.2
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
menyelesaikan masalah
perbedaan konsep berpikir dan
cara mengidentifikasikan teknik
pemograman mesin frais CNC
|
||||||
|
2.3
Menunjukkan
sikap responsif,
proaktif, konsisten,
dan berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam mengidentifikasikan teknik pemograman mesin frais CNC
|
||||||
|
3.3 Mengidentifikasi teknik pemograman frais CNC
|
||||||
|
4.3 Mengidentifikasikan teknik pemograman mesin frais CNC
|
||||||
|
1.1
Menyadari sempurnanya
konsep Tuhan tentang benda-benda dengan fenomenanya untuk dipergunakan
sebagai aturan dalam
menggunakan teknik pemesinan frais CNC
|
Teknik pemesinan frais CNC (menetapkan
perintah dalam bahasa pemogram,
menyusun program, input data uji coba program, pemilihan dan penetapan
peralatan,
pemasangan fixture/perlengkapan/alat bantu kerja, pemasangan benda
kerja, setting mesin/pengaturan parameter
pemotongan, , proses pemotongan/ langkah kerja dan koreksi program), untuk
pengefraisan benda kerja dengan perintah gerakan:
·
Linier
·
Setengah
lingkaran/radius
·
Melingkar
·
Drilling
·
Boring
·
Tapping
·
Pengeboran
dalam satu lingkaran sumbu
·
Poket
melingkar
·
Poket
segi empat
|
Mengamati
:
·
Teknik
pemesinan frais bubut CNC
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan
mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang teknik pemesinan frais CNC
Pengumpulan
Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan
menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk
menjawab pertanyaan yang diajukan tentang teknik pemesinan frais CNC
Mengasosiasi
:
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya,
selanjutnyanya disimpulkan dengan
urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang teknik pemesinan frais CNC
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang teknik pemesinan bubut frais CNC
|
Tugas:
·
Menerapkan
teknik pemesinan bubut frais CNC
Observasi :
·
Proses
menggunakan teknik pemesinan bubut frais CNC
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis terkait teknik pemesinan bubut frais
CNC
|
32 jam pelajaran
|
· Wirawan
Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi
Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Buku
referensi dan artikel yang sesuai
|
|
|
1.2
Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam menggunakan teknik pemesinan frais CNC
|
||||||
|
2.1
Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam menggunakan
teknik pemesinan bubut CNC
|
||||||
|
2.2
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
menyelesaikan masalah
perbedaan konsep berpikir dan
cara menggunakan teknik pemesinan frais CNC
|
||||||
|
2.3
Menunjukkan
sikap responsif,
proaktif, konsisten,
dan berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan teknik pemesinan frais CNC
|
||||||
|
3.4 Menerapkan teknik pemesinan frais CNC
|
||||||
|
4.4 Menggunakan
teknik pemesinan frais CNC
|
||||||
This is how my friend Wesley Virgin's story starts in this SHOCKING and controversial VIDEO.
BalasHapusAs a matter of fact, Wesley was in the military-and soon after leaving-he found hidden, "MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get anything they want.
As it turns out, these are the exact same secrets many famous people (notably those who "come out of nowhere") and top business people used to become rich and famous.
You probably know how you only use 10% of your brain.
Mostly, that's because the majority of your brain's power is UNTAPPED.
Perhaps this conversation has even taken place INSIDE OF YOUR own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head seven years ago, while driving a non-registered, garbage bucket of a vehicle with a suspended license and $3 on his debit card.
"I'm absolutely fed up with going through life check to check! When will I get my big break?"
You took part in those types of conversations, isn't it so?
Your very own success story is waiting to happen. You need to start believing in YOURSELF.
UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER