Rabu, 15 Juni 2016

Silabus Mata Pelajaran CNC kelas XII SMK Teknik Pemesinan


SILABUS MATA PELAJARAN:

Satuan Pendidikan     :    SMK
Mata Pelajaran           :    Teknik Pemesinan CNC
Kelas /Semester         :    XII / 5 (4 x 18 = 72 JP)

Kompetensi Inti
KI 1   :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
              berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   :    Memahami,menerapkan  dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
 KI 4  :    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

Kompetensi Dasar**
Materi Pokok***
Kegiatan Pembelajaran****
Penilaian*****
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Semester 5
1.1   Menyadari sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam mengidentifikasikan mesin bubut CNC dan fungsinya
Mesin bubut CNC dan fungsinya (definisi mesin bubut CNC, macam-macam mesin bubut CNC, bagian-bagian utama mesin bubut CNC, perlengkapan mesin bubut CNC, alat bantu kerja dan dimensi mesin bubut CNC), untuk pembubutan benda kerja dengan perintah gerakan:
·       Linier
·       Radius
·       Pengaluran
·       Pengeboran
·       Pereameran
·       Pengulran


Mengamati :
·           Mesin bubut CNC dan fungsinya
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang mesin bubut CNC dan fungsinya
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang mesin bubut CNC dan fungsinya
Mengasosiasi :
·           Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang mesin bubut CNC dan fungsinya
Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang mesin bubut CNC dan fungsinya
Tugas:
·           Hasil pekerjaan mengidentifikasi mesin bubut CNC dan fungsinya

Observasi :
·           Proses pelaksanaaan tugas mengidentifikasikan mesin bubut CNC dan fungsinya

Tes:
·           Tes lisan/ tertulis terkait dengan mesin bubut CNC dan fungsinya
4 jam pelajaran
·      Wirawan Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·   Buku referensi dan artikel yang sesuai
1.2   Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam mengidentifikasikan mesin bubut CNC dan fungsinya
2.1   Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam mengidentifikasikan mesin bubut CNC dan fungsinya
2.2   Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dan cara  mengidentifikasikan mesin bubut CNC dan fungsinya
2.3   Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengidentifikasikan  mesin bubut CNC dan fungsinya
3.1   Mengidentifikasi mesin bubut CNC dan fungsinya
4.1   Mengidentifikasikan mesin bubut CNC dan fungsinya
1.1   Menyadari sempurnanya
konsep Tuhan tentang benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin bubut CNC
Parameter pemotongan mesin bubut CNC (cutting speed, feeding, kecepatan putaran mesi bubut/Rpm, waktu pemesinan), untuk pembubutan benda kerja dengan perintah gerakan:
·       Linier
·       Radius
·       Pengaluran
·       Pengeboran
·       Pereameran
·       Pengulran

Mengamati :
·           Parameter pemotongan mesin bubut CNC
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang parameter pemotongan mesin bubut CNC
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang parameter pemotongan mesin bubut CNC
Mengasosiasi :
·           Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang parameter pemotongan mesin bubut CNC
Mengkomunikasikan :      
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang parameter pemotongan mesin bubut CNC
Tugas:
·           Mengidentifikasiparameter pemotongan mesin bubut CNC

Observasi :
·           Proses mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin bubut CNC

Tes:
·           Tes lisan/ tertulis terkait parameter pemotongan mesin bubut CNC
8 jam pelajaran
·      Wirawan Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·   Buku referensi dan artikel yang sesuai
1.2   Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam menggunakan  parameter pemotongan mesin bubut CNC
2.1   Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin bubut CNC
2.2   Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dan cara  mengidentifikasikan  parameter pemotongan mesin bubut CNC
2.3   Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin bubut CNC
3.2   Mengidentifikasi Parameter pemotongan mesin bubut CNC
4.2   Mengidentifikasikan  Parameter pemotongan mesin bubut CNC
1.1   Menyadari sempurnanya
konsep Tuhan tentang benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam menggunakan teknik pemograman mesin bubut CNC
Teknik pemograman mesin bubut CNC (sistem pemograman dan fungsi G code/ M code), untuk pembubutan benda kerja dengan perintah gerakan:
·       Linier
·       Radius
·       Pengaluran
·       Pengeboran
·       Pereameran
·       Pengulran

Mengamati :
·           Teknik pemograman mesin bubut CNC
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang teknik pemograman mesin bubut CNC
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang teknik pemograman mesin bubut CNC
Mengasosiasi :
·           Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang teknik pemograman mesin bubut CNC
Mengkomunikasikan :      
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang teknik pemograman mesin bubut CNC
Tugas:
·           Mengidentifikasikan teknik pemograman mesin bubut CNC

Observasi :
·           Proses menggunakan teknik pemograman mesin bubut CNC

Tes:
·           Tes lisan/ tertulis terkait menggunakan teknik pemograman mesin bubut CNC
24 jam pelajaran
·      Wirawan Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·   Buku referensi dan artikel yang sesuai
1.2   Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam menggunakan  teknik pemograman mesin bubut CNC
2.1   Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam menggunakan teknik pemograman mesin bubut CNC
2.2   Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dan cara  menggunakan  teknik pemograman mesin bubut CNC
2.3   Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam teknik pemograman mesin bubut CNC
3.3   Menerapakan teknik pemograman mesin bubut CNC
4.3   Mengguanakan teknik pemograman mesin bubut CNC
1.1   Menyadari sempurnanya
konsep Tuhan tentang benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam menggunakan teknik pemesinan bubut CNC
Teknik pemesinan bubut CNC (menetapkan perintah dalam bahasa  pemogram, menyusun program, input data uji coba program, pemilihan dan penetapan peralatan,
pemasangan fixture/perlengkapan/alat bantu kerja, pemasangan benda kerja, setting  mesin/pengaturan parameter pemotongan, , proses pemotongan/ langkah kerja dan koreksi program), untuk pembubutan benda kerja dengan perintah gerakan:
·       Linier
·       Radius
·       Pengaluran
·       Pengeboran
·       Pereameran
·       Pengulran

Mengamati :
·           Teknik pemesinan bubut bubut CNC
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang teknik pemesinan bubut bubut CNC
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang teknik pemesinan bubut bubut CNC
Mengasosiasi :
·           Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang teknik pemesinan bubut bubut CNC
Mengkomunikasikan :      
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang teknik pemesinan bubut bubut CNC
Tugas:
·           Menerapakan teknik pemesinan bubut bubut CNC

Observasi :
·           Proses menggunakan teknik pemesinan bubut bubut CNC

Tes:
·           Tes lisan/ tertulis terkait teknik pemesinan bubut bubut CNC
36 jam pelajaran
·      Wirawan Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·   Buku referensi dan artikel yang sesuai
1.2   Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam menggunakan teknik pemesinan bubut CNC
2.1   Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam menggunakan teknik pemesinan bubut CNC
2.2   Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dan cara  menggunakan teknik pemesinan bubut CNC
2.3   Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam menggunakan teknik pemesinan bubut CNC
3.4   Menerapkan  teknik pemesinan bubut CNC
4.4   Menggunakan  teknik pemesinan bubut CNC


SILABUS MATA PELAJARAN:

Satuan Pendidikan     :    SMK
Mata Pelajaran           :    Teknik Pemesinan CNC
Kelas /Semester         :    XII / 6 (4 x 17 = 68 JP)

Kompetensi Inti
KI 1   :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
              berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   :    Memahami,menerapkan  dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
 KI 4  :    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

Kompetensi Dasar**
Materi Pokok***
Kegiatan Pembelajaran****
Penilaian*****
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Semester 6           
1.1   Menyadari sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam mengidentifikasikan mesin frais CNC dan fungsinya
Mesin frais CNC dan fungsinya (definisi mesin frais CNC, macam-macam mesin frais CNC, bagian-bagian utama mesin frais CNC, perlengkapan mesin frais CNC, alat bantu kerja dan dimensi mesin frais CNC), untuk pengefraisan benda kerja dengan perintah gerakan:
·       Linier
·       Setengah lingkaran/radius
·       Melingkar
·       Drilling
·       Boring
·       Tapping
·       Pengeboran dalam satu lingkaran sumbu
·       Poket melingkar
·       Poket segi empat

Mengamati :
·           Mesin frais CNC dan fungsinya
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang mesin frais CNC dan fungsinya
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang mesin frais CNC dan fungsinya
Mengasosiasi :
·           Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang mesin frais CNC dan fungsinya
Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang mesin frais CNC dan fungsinya
Tugas:
·           Hasil pekerjaan mengidentifikasi mesin frais CNC dan fungsinya

Observasi :
·           Proses pelaksanaaan tugas mengidentifikasikan mesin frais CNC dan fungsinya

Tes:
·           Tes lisan/ tertulis terkait dengan mesin frais CNC dan fungsinya
4 jam pelajaran
·      Wirawan Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·   Buku referensi dan artikel yang sesuai
1.2   Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam mengidentifikasikan mesin bubut CNC dan fungsinya
2.1   Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam mengidentifikasikan mesin frais CNC dan fungsinya
2.2   Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dan cara  mengidentifikasikan mesin bubut CNC dan fungsinya
2.3   Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengidentifikasikan  mesin frais CNC dan fungsinya
3.1    Mengidentifikasi  mesin frais CNC dan fungsinya
4.1    Mengidentifikasikan  mesin frais CNC dan fungsinya
1.1   Menyadari sempurnanya
konsep Tuhan tentang benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin frais CNC
Parameter pemotongan mesin frais CNC (cutting speed, feeding, kecepatan putaran mesi frais/Rpm, waktu pemesinan), untuk pengefraisan benda kerja dengan perintah gerakan:
·       Linier
·       Setengah lingkaran/radius
·       Melingkar
·       Drilling
·       Boring
·       Tapping
·       Pengeboran dalam satu lingkaran sumbu
·       Poket melingkar
·      Poket segi empat
Mengamati :
·           Parameter pemotongan mesin frais CNC
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang parameter pemotongan mesin frais CNC
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang parameter pemotongan mesin frais CNC
Mengasosiasi :
·           Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang parameter pemotongan mesin frais CNC
Mengkomunikasikan :      
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang parameter pemotongan mesin frais CNC
Tugas:
·           Mengidentifikasi parameter pemotongan mesin frais CNC

Observasi :
·           Proses mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin frais CNC

Tes:
·           Tes lisan/ tertulis terkait parameter pemotongan mesin frais CNC
8 jam pelajaran
·      Wirawan Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·   Buku referensi dan artikel yang sesuai
1.2   Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam menggunakan  parameter pemotongan mesin frais CNC
2.1   Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin frais CNC
2.2   Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dan cara  mengidentifikasikan  parameter pemotongan mesin frais CNC
2.3   Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengidentifikasikan parameter pemotongan mesin frais CNC
3.2    Mengidentifikasi  parameter pemesinan frais CNC
4.2    Mengidentifikasikan parameter pemesinan frais CNC
1.1   Menyadari sempurnanya
konsep Tuhan tentang benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam mengidentifikasikan teknik pemograman mesin frais CNC
Teknik pemograman mesin frais CNC (sistem pemograman dan fungsi G code/ M code), untuk pengefraisan benda kerja dengan perintah gerakan:
·       Linier
·       Setengah lingkaran/radius
·       Melingkar
·       Drilling
·       Boring
·       Tapping
·       Pengeboran dalam satu lingkaran sumbu
·       Poket melingkar
·      Poket segi empat
Mengamati :
·           Teknik pemograman mesin bubut CNC
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang teknik pemograman mesin frais CNC
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang teknik pemograman mesin frais CNC
Mengasosiasi :
·           Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang teknik pemograman mesin frais CNC
Mengkomunikasikan :      
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang teknik pemograman mesin frais CNC
Tugas:
·           Mengidentifikasi teknik pemograman mesin frais CNC

Observasi :
·           Proses mengidentifikasikan teknik pemograman mesin frais CNC

Tes:
·           Tes lisan/ tertulis terkait menggunakan teknik pemograman mesin frais CNC
24 jam pelajaran
·      Wirawan Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·   Buku referensi dan artikel yang sesuai
1.2   Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam menggunakan  teknik pemograman mesin frais CNC
2.1   Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam mengidentifikasikan teknik pemograman mesin bubut CNC
2.2   Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dan cara  mengidentifikasikan teknik pemograman mesin frais CNC
2.3   Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam mengidentifikasikan teknik pemograman mesin frais CNC
3.3    Mengidentifikasi  teknik pemograman frais CNC
4.3    Mengidentifikasikan  teknik pemograman mesin frais CNC
1.1   Menyadari sempurnanya
konsep Tuhan tentang benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam menggunakan teknik pemesinan frais CNC
Teknik pemesinan frais CNC (menetapkan perintah dalam bahasa  pemogram, menyusun program, input data uji coba program, pemilihan dan penetapan peralatan,
pemasangan fixture/perlengkapan/alat bantu kerja, pemasangan benda kerja, setting  mesin/pengaturan parameter pemotongan, , proses pemotongan/ langkah kerja dan koreksi program), untuk pengefraisan benda kerja dengan perintah gerakan:
·       Linier
·       Setengah lingkaran/radius
·       Melingkar
·       Drilling
·       Boring
·       Tapping
·       Pengeboran dalam satu lingkaran sumbu
·       Poket melingkar
·      Poket segi empat
Mengamati :
·           Teknik pemesinan frais bubut CNC
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang teknik pemesinan frais CNC
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang teknik pemesinan frais CNC
Mengasosiasi :
·           Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks tentang teknik pemesinan frais CNC
Mengkomunikasikan :      
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang teknik pemesinan bubut frais CNC
Tugas:
·           Menerapkan teknik pemesinan bubut frais CNC

Observasi :
·           Proses menggunakan teknik pemesinan bubut frais CNC

Tes:
·           Tes lisan/ tertulis terkait  teknik pemesinan bubut frais CNC
32 jam pelajaran
·      Wirawan Sumbodo dkk, (2008).Teknik Produksi Mesin Industrii. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·   Buku referensi dan artikel yang sesuai
1.2   Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam menggunakan teknik pemesinan frais CNC
2.1   Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam menggunakan teknik pemesinan bubut CNC
2.2   Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dan cara  menggunakan teknik pemesinan frais CNC
2.3   Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan teknik pemesinan frais CNC
3.4    Menerapkan  teknik pemesinan frais CNC
4.4    Menggunakan teknik pemesinan frais CNC


1 komentar:

  1. This is how my friend Wesley Virgin's story starts in this SHOCKING and controversial VIDEO.

    As a matter of fact, Wesley was in the military-and soon after leaving-he found hidden, "MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get anything they want.

    As it turns out, these are the exact same secrets many famous people (notably those who "come out of nowhere") and top business people used to become rich and famous.

    You probably know how you only use 10% of your brain.

    Mostly, that's because the majority of your brain's power is UNTAPPED.

    Perhaps this conversation has even taken place INSIDE OF YOUR own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head seven years ago, while driving a non-registered, garbage bucket of a vehicle with a suspended license and $3 on his debit card.

    "I'm absolutely fed up with going through life check to check! When will I get my big break?"

    You took part in those types of conversations, isn't it so?

    Your very own success story is waiting to happen. You need to start believing in YOURSELF.

    UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER

    BalasHapus