Kamis, 16 Juni 2016

RPP CNC Kls XII Teknik Pemesinan (oleh : Agus Supriyanto)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       :    SMK Negeri 2 Sragen
Kelas/Semester             :    XII / genap
Mata Pelajaran               CNC
Materi Pokok                  Mengidentifikasi mesin frais CNC
Pertemuan Ke-                1
Waktu                            4 x 45 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi   berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.    KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

No
Kompetensi Dasar
Kode
Indikator
1.1
Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC dalam kehidupan sehari-hari
1.2
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC pada kehidupan sehari-hari
2.1
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC pada kehidupan sehari-hari
2.2
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC pada kehidupan sehari-hari.
2.3
Menunjukkan sikap responsive, proaktif, konsisten dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas   mengaplikasikan teknik pemesinan CNC
3.5
Mengidentifikasi mesin frais CNC
3.5.1
Mampu mendefinisi mesin frais CNC
3.5.2
Mengenal Macam-macam mesin frais CNC
3.5.3
Mengenal bagian-bagian dan kelengkapan mesin frais CNC
3.5.4
Dimensi mesin frais CNC
4.5
Menggunakan mesin frais CNC
4.1.1
Menggunakan mesin frais CNC
4.1.2
Merawat dan memelihara mesin frais CNC


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat mengidentifikasi mesin frais CNC
2.     Siswa dapat mengenal macam-macam mesin frais CNC
3.     Siswa mengenal bagian-bagian dan kelengkapan mesin frais CNC
4.     Siswa mengetahui dimensi mesin frais CNC
5.     Siswa dapat menggunakan mesin frais CNC
6.     Siswa mampu memelihara dan merawat mesin frais CNC


D.    MATERI PEMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR
1.     Gambar mesin frais CNC
2.    Bagian-bagian mesin frais CNC
3.    Standarisasi mesin frais CNC
4.    Peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC
5.    Cara penggunaan mesin frais CNC

E.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan     : Saintifik (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan data, Mengasosiasi dan Mengkomunikasikan)
Model            : Pembelajaran Hasil Karya ( pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok  serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan  sehingga bermakna, relevan dan konstektual.
Sintaksis Model (PBL : Problem Based Learning)
Metode          : Tugas Individu

F.     ALAT/MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
1. Alat                    gambar mesin frais CNC lengkap dengan bagian-bagiannya
2. Media                : LCD Projector, video tentang mesin frais CNC
3. Sumber belajar  teknik produksi mesin industry (wirawan sumbodo, dkk. 2008)


















Uraian Pendekatan Model dan Metode :
Kompetensi Dasar
IPK
Sintaksis Model PBL : Problem Based Learning
Pendekatan Saintifik
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan   Informasi :
(Explorasi)
Menalar / Mengasosiasi
Mengko munikasikan
3.5.  Mengidentifikasi mesin frais CNC
1.    Menerangkanidentifikasi mesin frais CNC
2.   Menerangkan cara penggunaan peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC
3.   Memilih peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC berdasarkan fungsi dan cara penggunaan
4.   Menjelaskan bagian-bagian utama mesin frais CNC
5.   Menjelaskan penggunaan mesin frais CNC
1.  Pemberian Stimulus terhadap siswa
Siswa mengamati peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC





2.         Identifikasi   Masalah
Siswa dapat mengidentifikasi fungsi dan cara penggunaan peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC

Siswa dirangsang untuk bertanya: apa, mengapa dan bagaimana fungsi dan penggunaan peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC












4.1. Menggunakan mesin frais CNC
1.    Menunjukkankan cara penggunaan peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC
2.   Memilah peralatan dan kelengkapan mesin frais CNCberdasarkan fungsi dan cara penggunaan
3.   Mengkalibrasi peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC berdasarkan fungsi dan cara penggunaan
4.   Memodifikasi penggunakan peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC sesuai kebutuhankerja
3.Pengumpulan Data

tek
Siswa mencoba menggunakan peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC


4.Pembuktian



1.    Siswa dapat merencanakan sebuah proses pada mesin frais CNC dengan menggunakan peralatan dan kelengkapan mesin yang ada
2.   Siswa dapat menggunakan mesin frais CNC



5.Menarik  Kesimpulan




1.    Siswa dapat mengidentifikasi mesin CNCsesuai dengan standar atau norma penilaian
2.   Siswa dapat menilai hasil pekerjaannya.



G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.     Ketua kelas menyiapkan barisan di depan kelas
2.     Ketua kelas memimpin doa
3.     Seluruh siswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama
4.     Siswa dipersilakan masuk kelas, guru menyalami satu persatu
5.     Guru memeriksa kebersihan kelas dan lingkungan, jika dipandang belum bersih dan rapi maka siswa diminta membersihkan dan mengaturnya
6.     Guru memberi salam dan siswa menjawab salam
7.     Guru memeriksa/mengabsen kehadiran siswa
8.     Guru memberikan motivasi
9.     Guru menyampaikan rencana kegiatan selama satu semester
10.   Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan & KKM yang ingin dicapai
11.    Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada KD mengidentifikasi mesin frais CNC
15'
Inti
1.     Mengamati:
Siswa mengamati gambar mesin frais CNC pada layar proyektor.
2.    Menanya:
Siswa dirangsang untuk bertanya : apa, mengapa dan bagaimana peran mesin frais CNC di dunia industri
3.    Mengeksporasi : penalaran & mencoba
Siswa mencoba untuk mengidentifikasi mesin frais CNC yang terlihat pada gambar LCD.
4.    Mengasosiasi:
Siswa mencoba mengidentifikasi mesin frais CNC sesuai dengan prosedur yang ada
150'
Penutup
1.     Siswa menyampaikan kesimpulan tentang identifikasi mesin frais CNC
2.    Guru menyampaikan evaluasi & rencana tindak lanjut
3.    Guru memberikan pertanyaan lisan kepada beberapa siswa terkait materi yang baru disampaikan.
4.    Perencanaan pertemuan berikutnya
15'

H.   PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.    Teknik Penilaian           :    Penilaian Otentik meliputi Sikap, Pengetahuan, Ketrampilan
2.   Bentuk Penilaian          :    Pengamatan, Tes lisan, Tes terulis (uraian/pilihan ganda), Penilaian Produk/hasil
3.   Prosedur Penilaian       :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Keterangan
1
Sikap
·   Pengamatan/Observasi (Indikator sesuai dlm agenda)
·   Selama KBM

2
Pengetahuan

·   Pengamatan
·   Tes tertulis
·   Tes Lisan
·   Selama KBM
·   Akhir tiap KD
ada rubrik penilaian
3
Keterampilan
·   Pengamatan saat Presentasi/ diskusi
·   Penilaian hasil karya/produk
·   Selama KBM
·   Akhir tiap KD
ada rubrik penilaian

  1. Rubrik Penilaian Aspek Sikap

No
Indikator
Norma Penilaian
1.              
Jujur
1.     Tidak pernah jujur
2.     Kadang jujur
3.     Sering jujur
4.     Selalu jujur
2.            2
Bertanggung Jawab
1.     Tidak membuat tugas atau melaksanakan kewajiban
2.     Tugas dibuat seadanya dan pengumpulan telat
3.     Tugas cukup baik dan tepat waktu
4.     Tugas atau kewajiban dibuat baik dan tepat waktu
3.            3
Kerjasama
1.     Tidak mau membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja
2.     Membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja jika disuruh
3.     Sedikit membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja
4.     Sepenuh hati membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja
4.            4
Toleransi
1.     Tidak menghargai pendapat teman/ selalu protes
2.     Kurang menghargai pendapat teman/ sedikit cuek
3.     Menghargai pendapat beberapa teman saja
4.     Menghargai pendapat seluruh teman
5.            5
Santun
1.     Tidak  santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
2.     Kadang santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
3.     Sering santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
4.     Selalu santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
6.            6
Disiplin
1.     Sering tidak masuk kelas tanpa ijin, sering terlambat masuk kelas, tidak mengngerjakan/terlambat mengerjakan tugas, alat ketinggalan, tidak rapi berpakaian
2.     Sering terlambat masuk kelas, tidak mengngerjakan/terlambat mengerjakan tugas, alat ketinggalan, tidak rapi berpakaian
3.     Kadang terlambat mengerjakan tugas
4.     Masuk kelas aktif dan tidak terlambat masuk kelas, aktif mengngerjakan tugas, rapi dalam berpakaian
7.            7
Percaya diri
1.     Tidak mau maju di depan kelas, tidak mau bertanya, tidak mengikuti ekstrakurikuler
2.     Kadang mau maju di depan kelas, mau bertanya, tidak mengikuti ekstrakurikuler
3.     Sering maju di depan kelas, mau bertanya, mengikuti ekstrakurikuler
4.     Selalu mau maju di depan kelas, mau bertanya, mengikuti ekstrakurikuler
8.            8
Kerja Keras
1.     Pekerjaan/tugas dikerjakan seadanya, kurang serius, terlambat mengumpulkan
2.     Tugas dikbuat seadanya, dikumpulkan tepat waktu
3.     Mengerjakan tugas dengan bagus dan tepat waktu
4.     Mengerjakan tugas dengan bagus dan cepat dikumpulkan

  1. Aspek Pengetahuan: rubrik untuk pengamatan dan tes lisan

No
Indikator
Norma Penilaian
1.                
Menerangkan definisi / identifikasi mesin frais CNC
1       Dapat menerangkan salah satu standar mesin frais CNC
2      Dapat menerangkan 3 bagian utaa mesin frais cnc
3      Dapat menerangkan 3 fungsi mesin frais cnc
2.               
Menerangkan bagian utama mesin frais CNC
1       Dapat menerangkan 3 bagian utama mesin frais cnc
2      Dapat menerangkan 3 kelengkapan mesin frais cnc
3      Dapat menerangkan 2 jenis mesin frais cnc
4      Dapat menerangkan  standar ukuran mesin frais cnc
3.               
Memilih peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC
1.     Dapat memilih alat kelengkapan bekerja dengan mesin cnc
2.     Dapat menjelaskan kelengkapan alat mesin frais cnc
3.     Dapat memilih alat yang standar untuk bekerja dengan mesin
4.               
Memelihara mesin frais cnc
1.     Dapat merawat mesin frais cnc
2.     Dapat menjelaskan cara membersihkan mesin frais cnc

  1. Aspek Ketrampilan: rubrik untuk penilaian

No
Indikator
Norma Penilaian
1.                
Menunjukkankan identifikasi mesin frais cnc
1.     Bentuk dan Ukuran mesin frais cnc berbeda dengan mesin frais konvensional
2.     Ketelitian mesin frais cnc lebih tinggi disbanding mesin konvensional
3.     Mesin frais cnc membutuhkan compressor untuk menjalankannya
2.               
Memilih peralatan dan kelengkapan kerja mesin frais cnc
1.     Peralatan yang digunakan pada mesin frais cnc
2.     Cara melepas tool holder
3.     Kalibrasi tool
4.     Sebelum bekerja mesin perlu dikalibrasi




Sragen, 2 januari 2016


      Kepala Sekolah                                    WKS Kurikulum                          Guru Mapel





Sugiyarso, S.Pd.,M.Pd.                           Suharno, S.Pd.                          Agus Supriyanto, S.T
NIP 197105122003121002                          NIP 196704192003121002            NIP 19771012 201101 1 003





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       :    SMK Negeri 2 Sragen
Kelas/Semester             :    XII / genap
Mata Pelajaran               CNC
Materi Pokok                  Mengidentifikasi parameter mesin frais CNC
Pertemuan Ke-                2
Waktu                            4 x 45 menit

A.      KOMPETENSI INTI
1.              Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi   berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.    KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

No
Kompetensi Dasar
Kode
Indikator
1.1
Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC dalam kehidupan sehari-hari
1.2
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC pada kehidupan sehari-hari
2.1
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC pada kehidupan sehari-hari
2.2
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC pada kehidupan sehari-hari.
2.3
Menunjukkan sikap responsive, proaktif, konsisten dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas   mengaplikasikan teknik pemesinan CNC
3.5
Mengidentifikasi parameter mesin frais CNC
3.6.1
Mampu menghitung kecepatan potong mesin frais CNC
3.6.2
Mampu menghitung kecepatan pemakanan / feeding mesin frais CNC
3.6.3
Mampu menghitung kecepatan putaran dan waktu pemesinan mesin frais cnc
4.5
Menggunakan parameter mesin frais CNC
4.6.1
Menggunakan parameter mesin frais CNC


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.                 Siswa dapat menghitung kecepatan potong mesin frais CNC
2.     Siswa dapat menghitung kecepatan pemakanan mesin frais CNC
3.     Siswa dapat menghitung kecepatan putaran mesin frais CNC
4.     Siswa dapat menghitung waktu proses mesin frais CNC
5.     Siswa dapat menggunakan parameter mesin frais CNC


D.    MATERI PEMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR
1.     Gambar mesin frais CNC
2.    Rumus perhitungan kecepatan potong, feeding, rpm, dan waktu proses mesin frais CNC
3.    Peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC
4.    Cara penggunaan parameter mesin frais CNC

E.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan     : Saintifik (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan data, Mengasosiasi dan Mengkomunikasikan)
Model            : Pembelajaran Hasil Karya ( pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok  serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan  sehingga bermakna, relevan dan konstektual.
Sintaksis Model (PBL : Problem Based Learning)
Metode          : Tugas Individu

F.     ALAT/MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
1. Alat                    gambar mesin frais CNC lengkap dengan bagian-bagiannya
2. Media                : LCD Projector, video tentang mesin frais CNC, dan cara menghitung parameter mesin cnc
3. Sumber belajar  teknik produksi mesin industry (wirawan sumbodo, dkk. 2008)


















Uraian Pendekatan Model dan Metode :
Kompetensi Dasar
IPK
Sintaksis Model PBL : Problem Based Learning
Pendekatan Saintifik
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan   Informasi :
(Explorasi)
Menalar / Mengasosiasi
Mengko munikasikan
3.6  Mengidentifikasi parameter pemotongan mesin frais CNC
1.   Menerangkanidentifikasi parameter mesin frais CNC
2.   Menerangkan caramenghitung kecepatan potong mesin frais CNC
3.   Menjelaskan cara menghitung kecepatan pemakanan
4.   Menjelaskan cara menghitung kecepatan putaran mesin frais CNC
5.   Menjelaskan cara menghitung waktu proses mesin frais CNC
6.   Menjelaskan penggunaan parameter pemotongan
1.   Pemberian Stimulus terhadap siswa
Siswa mengamati parameter pemotongan mesin frais CNC





2.         Identifikasi   Masalah
Siswa dapat mengidentifikasi parameter pemotongsan pada mesin frais CNC

Siswa dirangsang untuk bertanya: apa, mengapa dan bagaimana cara menghitung parameter pemotongan mesin frais CNC












4.6Menggunakan parameter mesin frais CNC
1.     Menunjukkankan cara menghitung parameter pemotongan mesin frais CNC
2.   Menjelaskan cara menghitung kecepatan potong, kecepatan pemakanan, kecepatan putaran mesin dan waktu potong
3.   Memodifikasi penggunakan parameter pemotongan peralatan dan mesin frais CNC sesuai kebutuhankerja
3.Pengumpulan Data

tek
Siswa mencoba menggunakan rumus menghitung kec.potong, kec.pemakanan, kec.putaran dan waktu potongmesin frais CNC


4.Pembuktian



3.   Siswa dapat merencanakan sebuah proses pada mesin frais CNC dengan menggunakan rumusan parameter pemotongan mesin frais CNC




5.Menarik  Kesimpulan




3.   Siswa dapat mengidentifikasi parameter pemotongan mesin CNCsesuai dengan standar atau norma penilaian
4.   Siswa dapat menilai hasil pekerjaannya.



G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.     Ketua kelas menyiapkan barisan di depan kelas
2.     Ketua kelas memimpin doa
3.     Seluruh siswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama
4.     Siswa dipersilakan masuk kelas, guru menyalami satu persatu
5.     Guru memeriksa kebersihan kelas dan lingkungan, jika dipandang belum bersih dan rapi maka siswa diminta membersihkan dan mengaturnya
6.     Guru memberi salam dan siswa menjawab salam
7.     Guru memeriksa/mengabsen kehadiran siswa
8.     Guru memberikan motivasi
9.     Guru menyampaikan rencana kegiatan selama satu semester
10.   Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan & KKM yang ingin dicapai
11.    Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada KD mengidentifikasi parameter pemotongan mesin frais CNC
15'
Inti
1.     Mengamati:
Siswa mengamati parameter pemotongan mesin frais CNC pada layar proyektor.
2.    Menanya:
Siswa dirangsang untuk bertanya : apa, mengapa dan bagaimana diperlukan parameter pemotongan mesin frais CNC.
3.    Mengeksporasi : penalaran & mencoba
Siswa mencoba untuk mengidentifikasi parameter pemotongan mesin frais CNC yang terlihat pada gambar LCD.
4.    Mengasosiasi:
Siswa mencoba mengidentifikasi parameter pemotongan mesin frais CNC sesuai dengan prosedur yang ada
150'
Penutup
1.     Siswa menyampaikan kesimpulan tentang identifikasi parameter pemotongan mesin frais CNC
2.    Guru menyampaikan evaluasi & rencana tindak lanjut
3.    Guru memberikan pertanyaan lisan kepada beberapa siswa terkait materi yang baru disampaikan.
4.    Perencanaan pertemuan berikutnya
15'

H.   PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.    Teknik Penilaian           :    Penilaian Otentik meliputi Sikap, Pengetahuan, Ketrampilan
2.   Bentuk Penilaian          :    Pengamatan, Tes lisan, Tes terulis (uraian/pilihan ganda), Penilaian Produk/hasil
3.   Prosedur Penilaian       :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Keterangan
1
Sikap
·   Pengamatan/Observasi (Indikator sesuai dlm agenda)
·   Selama KBM

2
Pengetahuan

·   Pengamatan
·   Tes tertulis
·   Tes Lisan
·   Selama KBM
·   Akhir tiap KD
ada rubrik penilaian
3
Keterampilan
·   Pengamatan saat Presentasi/ diskusi
·   Penilaian hasil karya/produk
·   Selama KBM
·   Akhir tiap KD
ada rubrik penilaian

  1. Rubrik Penilaian Aspek Sikap

No
Indikator
Norma Penilaian
1.        
Jujur
1.     Tidak pernah jujur
2.     Kadang jujur
3.     Sering jujur
4.     Selalu jujur
2.             2
Bertanggung Jawab
1.     Tidak membuat tugas atau melaksanakan kewajiban
2.     Tugas dibuat seadanya dan pengumpulan telat
3.     Tugas cukup baik dan tepat waktu
4.     Tugas atau kewajiban dibuat baik dan tepat waktu
3.             3
Kerjasama
1.     Tidak mau membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja
2.     Membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja jika disuruh
3.     Sedikit membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja
4.     Sepenuh hati membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja
4.             4
Toleransi
1.     Tidak menghargai pendapat teman/ selalu protes
2.     Kurang menghargai pendapat teman/ sedikit cuek
3.     Menghargai pendapat beberapa teman saja
4.     Menghargai pendapat seluruh teman
5.             5
Santun
1.     Tidak  santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
2.     Kadang santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
3.     Sering santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
4.     Selalu santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
6.             6
Disiplin
1.     Sering tidak masuk kelas tanpa ijin, sering terlambat masuk kelas, tidak mengngerjakan/terlambat mengerjakan tugas, alat ketinggalan, tidak rapi berpakaian
2.     Sering terlambat masuk kelas, tidak mengngerjakan/terlambat mengerjakan tugas, alat ketinggalan, tidak rapi berpakaian
3.     Kadang terlambat mengerjakan tugas
4.     Masuk kelas aktif dan tidak terlambat masuk kelas, aktif mengngerjakan tugas, rapi dalam berpakaian
7.             7
Percaya diri
1.     Tidak mau maju di depan kelas, tidak mau bertanya, tidak mengikuti ekstrakurikuler
2.     Kadang mau maju di depan kelas, mau bertanya, tidak mengikuti ekstrakurikuler
3.     Sering maju di depan kelas, mau bertanya, mengikuti ekstrakurikuler
4.     Selalu mau maju di depan kelas, mau bertanya, mengikuti ekstrakurikuler
8.             8
Kerja Keras
1.     Pekerjaan/tugas dikerjakan seadanya, kurang serius, terlambat mengumpulkan
2.     Tugas dikbuat seadanya, dikumpulkan tepat waktu
3.     Mengerjakan tugas dengan bagus dan tepat waktu
4.     Mengerjakan tugas dengan bagus dan cepat dikumpulkan

  1. Aspek Pengetahuan: rubrik untuk pengamatan dan tes lisan

No
Indikator
Norma Penilaian
1.               
Menerangkan identifikasi parameter pemotongan mesin frais CNC
1       Dapat menerangkan kecepatan potong mesin frais CNC
2      Dapat menerangkan kecepatan pemakanan mesin frais cnc
3      Dapat menerangkan kecepatan putaran mesin frais cnc
4      Dapat menerangkan waktu pemesinan
2.             
Menggunakan parameter pemotongan mesin frais CNC
1       Dapat menerangkan rumus kec. potong mesin frais cnc
2      Dapat menerangkan rumus kec. pemakanan mesin frais cnc
3      Dapat menerangkan rumus kec. putaran mesin frais cnc
4      Dapat menerangkan  rumus waktu potong mesin frais cnc


  1. Aspek Ketrampilan: rubrik untuk penilaian

No
Indikator
Norma Penilaian
1.               
Menunjukkankan identifikasi parameter pemotongan mesin frais cnc
1.     Rumus mencari kecepatan potong, kec.pemakanan, kec. Putaran, waktu potong mesin frais CNC
2.     Menghitung parameter pemotongan mesin degan benar
3.     Mengaplikasikan parameter pemotongan mesin dalam pekerjaan praktek mesin frais cnc
2.             
Memodifikasi parameter pemotongan mesin sesuai dengan bentuk pekerjaan
1.     Menggunakan rumusan yang ada dalam mengitung parameter pemotongan mesin
2.     Memilih peralatan yang benar sesuai parameter yang ditentukan
3.     Sebelum bekerja mampu mengitung parameter pemotongan terlebih dahulu.




Sragen, 2 januari 2016


      Kepala Sekolah                                    WKS Kurikulum                          Guru Mapel





Sugiyarso, S.Pd.,M.Pd.                           Suharno, S.Pd.                          Agus Supriyanto, S.T
NIP 197105122003121002                          NIP 196704192003121002            NIP 19771012 201101 1 003






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       :    SMK Negeri 2 Sragen
Kelas/Semester             :    XII / genap
Mata Pelajaran               CNC
Materi Pokok                  Menerapkan teknik pemrograman mesin frais CNC
Pertemuan Ke-                3 - 8
Waktu                            4 x 8 x 45 menit

A.      KOMPETENSI INTI
1.              Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi   berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.    KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

No
Kompetensi Dasar
Kode
Indikator
1.1
Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC dalam kehidupan sehari-hari
1.2
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC pada kehidupan sehari-hari
2.1
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC pada kehidupan sehari-hari
2.2
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC pada kehidupan sehari-hari.
2.3
Menunjukkan sikap responsive, proaktif, konsisten dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas   mengaplikasikan teknik pemesinan CNC
3.7
Menerapkan teknik pemrograman mesin frais CNC
3.7.1
Mampu menjelaskan system dan bagian - bagian mesin frais CNC
3.7.2
Menyusun dan membuat program mesin frais CNC
4.7
Menggunakanteknik pemrograman mesin frais CNC
4.1.1
Menggunakan mesin frais CNC
4.1.2
Menguji coba program pada  mesin frais CNC


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.                   Siswa dapat menjelaskan system yang ada pada mesin frais CNC
2.     Siswa mengenal bagian-bagian dan kelengkapan mesin frais CNC
3.     Siswa dapat menyusun program mesin frais CNC
4.     Siswa dapat menggunakan mesin frais CNC
5.     Siswa dapat menguji program pada mesin frais CNC


D.    MATERI PEMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR
1.     Gambar mesin frais CNC
2.    Bagian-bagian mesin frais CNC
3.    Standarisasi dan sistem mesin frais CNC
4.    Peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC
5.    Cara penggunaan mesin frais CNC

E.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan     : Saintifik (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan data, Mengasosiasi dan Mengkomunikasikan)
Model            : Pembelajaran Hasil Karya ( pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok  serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan  sehingga bermakna, relevan dan konstektual.
Sintaksis Model (PBL : Problem Based Learning)
Metode          : Tugas Individu

F.     ALAT/MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
1. Alat                    gambar mesin frais CNC lengkap dengan bagian-bagiannya
2. Media                : LCD Projector, video tentang mesin frais CNC
3. Sumber belajar  teknik produksi mesin industry (wirawan sumbodo, dkk. 2008)


















Uraian Pendekatan Model dan Metode :
Kompetensi Dasar
IPK
Sintaksis Model PBL : Problem Based Learning
Pendekatan Saintifik
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan   Informasi :
(Explorasi)
Menalar / Mengasosiasi
Mengko munikasikan
3.7.  Menerapkan teknik pemrograman mesin frais CNC
1.   Menerangkan sistem mesin frais CNC
2.   Menerangkan cara penggunaan peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC
3.   Memilih peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC berdasarkan fungsi dan cara penggunaan
4.   Menjelaskan bagian-bagian utama mesin frais CNC
5.   Menjelaskan cara menyusun program mesin frais CNC
1.   Pemberian Stimulus terhadap siswa
Siswa mengamati system,  peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC





2.         Identifikasi   Masalah
Siswa dapat memahami system ,  peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC

Siswa dirangsang untuk bertanya: apa, mengapa dan bagaimana system padamesin frais CNC












4.7Menggunakan teknik pemrograman mesin frais CNC
1.   Menunjukkankan cara penggunaan system pada mesin frais CNC
2.   Memilah peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC berdasarkan fungsi dan cara penggunaan
3.   Mengkalibrasi peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC berdasarkan fungsi dan cara penggunaan
4.   Memodifikasi program mesin frais CNC sesuai kebutuhankerja
3.Pengumpulan Data

tek
Siswa mencoba menggunakan program mesin frais CNC


4.Pembuktian



4.   Siswa dapat membuat / menyusun program mesin frais CNC dengan   menggunakan peralatan dan kelengkapan mesin yang ada
5.   Siswa dapat menggunakan mesin frais CNC



5.Menarik  Kesimpulan




5.   Siswa dapat membuat program mesin CNCsesuai dengan standar atau norma penilaian
6.   Siswa dapat menilai hasil pekerjaannya.



G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke- 3 - 8
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.     Ketua kelas menyiapkan barisan di depan kelas
2.     Ketua kelas memimpin doa
3.     Seluruh siswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama
4.     Siswa dipersilakan masuk kelas, guru menyalami satu persatu
5.     Guru memeriksa kebersihan kelas dan lingkungan, jika dipandang belum bersih dan rapi maka siswa diminta membersihkan dan mengaturnya
6.     Guru memberi salam dan siswa menjawab salam
7.     Guru memeriksa/mengabsen kehadiran siswa
8.     Guru memberikan motivasi
9.     Guru menyampaikan rencana kegiatan selama satu semester
10.   Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan & KKM yang ingin dicapai
11.    Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada KD teknik pemrograman mesin frais CNC
15'
Inti
1.     Mengamati:
Siswa mengamati gambar program mesin frais CNC pada layar proyektor.
2.    Menanya:
Siswa dirangsang untuk bertanya : apa, mengapa dan bagaimana membuat program mesin frais
3.    Mengeksporasi : penalaran & mencoba
Siswa mencoba untuk membuat program mesin frais CNC yang terlihat pada gambar LCD.
4.    Mengasosiasi:
Siswa mencoba membuat program mesin frais CNC sesuai dengan prosedur yang ada
150'
Penutup
1.     Siswa menyampaikan kesimpulan tentang membuat program mesin frais CNC
2.    Guru menyampaikan evaluasi & rencana tindak lanjut
3.    Guru memberikan pertanyaan lisan dan tugas dirumah kepada beberapa siswa terkait materi yang baru disampaikan.
4.    Perencanaan pertemuan berikutnya
15'

H.   PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.    Teknik Penilaian           :    Penilaian Otentik meliputi Sikap, Pengetahuan, Ketrampilan
2.   Bentuk Penilaian          :    Pengamatan, Tes lisan, Tes terulis (uraian/pilihan ganda), Penilaian Produk/hasil
3.   Prosedur Penilaian       :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Keterangan
1
Sikap
·   Pengamatan/Observasi (Indikator sesuai dlm agenda)
·   Selama KBM

2
Pengetahuan

·   Pengamatan
·   Tes tertulis
·   Tes Lisan
·   Selama KBM
·   Akhir tiap KD
ada rubrik penilaian
3
Keterampilan
·   Pengamatan saat Presentasi/ diskusi
·   Penilaian hasil karya/produk
·   Selama KBM
·   Akhir tiap KD
ada rubrik penilaian

  1. Rubrik Penilaian Aspek Sikap

No
Indikator
Norma Penilaian
1.               
Jujur
1.     Tidak pernah jujur
2.     Kadang jujur
3.     Sering jujur
4.     Selalu jujur
2.             2
Bertanggung Jawab
1.     Tidak membuat tugas atau melaksanakan kewajiban
2.     Tugas dibuat seadanya dan pengumpulan telat
3.     Tugas cukup baik dan tepat waktu
4.     Tugas atau kewajiban dibuat baik dan tepat waktu
3.             3
Kerjasama
1.     Tidak mau membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja
2.     Membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja jika disuruh
3.     Sedikit membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja
4.     Sepenuh hati membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja
4.             4
Toleransi
1.    Tidak menghargai pendapat teman/ selalu protes
2.     Kurang menghargai pendapat teman/ sedikit cuek
3.     Menghargai pendapat beberapa teman saja
4.     Menghargai pendapat seluruh teman
5.             5
Santun
1.     Tidak  santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
2.     Kadang santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
3.     Sering santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
4.     Selalu santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
6.             6
Disiplin
1.     Sering tidak masuk kelas tanpa ijin, sering terlambat masuk kelas, tidak mengngerjakan/terlambat mengerjakan tugas, alat ketinggalan, tidak rapi berpakaian
2.     Sering terlambat masuk kelas, tidak mengngerjakan/terlambat mengerjakan tugas, alat ketinggalan, tidak rapi berpakaian
3.     Kadang terlambat mengerjakan tugas
4.     Masuk kelas aktif dan tidak terlambat masuk kelas, aktif mengngerjakan tugas, rapi dalam berpakaian
7.             7
Percaya diri
1.     Tidak mau maju di depan kelas, tidak mau bertanya, tidak mengikuti ekstrakurikuler
2.     Kadang mau maju di depan kelas, mau bertanya, tidak mengikuti ekstrakurikuler
3.     Sering maju di depan kelas, mau bertanya, mengikuti ekstrakurikuler
4.     Selalu mau maju di depan kelas, mau bertanya, mengikuti ekstrakurikuler
8.             8
Kerja Keras
1.     Pekerjaan/tugas dikerjakan seadanya, kurang serius, terlambat mengumpulkan
2.     Tugas dikbuat seadanya, dikumpulkan tepat waktu
3.     Mengerjakan tugas dengan bagus dan tepat waktu
4.     Mengerjakan tugas dengan bagus dan cepat dikumpulkan

  1. Aspek Pengetahuan: rubrik untuk pengamatan dan tes lisan

No
Indikator
Norma Penilaian
1.             
Menerangkan system pada program mesin frais CNC
1       Dapat menerangkan salah satu standar mesin frais CNC
2      Dapat menerangkan system pemrograman mesin frais cnc
3      Dapat menerangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing system pada mesin frais cnc
2.             
Menerangkan cara penyusunan program mesin frais CNC
1       Dapat menerangkan cara membuat program mesin frais cnc
2      Dapat mengidentifikasi gambar kerja untuk dibuat program mesin frais cnc
3      Dapat menerangkan 2 jenis program mesin frais cnc
3.             
Menguji program mesin frais CNC
1.     Dapat memilih program yang tepat sebelum bekerja dengan mesin frais cnc
2.     Dapat menjelaskan proses pembuatan program mesin frais cnc
3.     Dapat memilih program yang tepat untuk bekerja dengan mesin frais CNC

  1. Aspek Ketrampilan: rubrik untuk penilaian

No
Indikator
Norma Penilaian
1.             
Menerapkan teknik pemrograman mesin frais CNC
1.     Mampu menyusun program CNC dengan benar
2.     Mampu memilih program yang tepat untuk sebuah pekerjaan
3.     Mampu membuat program absolute dan inkremental
2.             
Menggunakan teknik pemrograman frais CNC
1.     Mengaplikasikan program  pada mesin frais cnc
2.     Setting tool dengan benar
3.     Kalibrasi tool
4.     Mampu memilih tool yang tepat sesuai program




Sragen, 2 januari 2016


      Kepala Sekolah                                    WKS Kurikulum                          Guru Mapel





Sugiyarso, S.Pd.,M.Pd.                           Suharno, S.Pd.                          Agus Supriyanto, S.T
NIP 197105122003121002                          NIP 196704192003121002            NIP 19771012 201101 1 003




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       :    SMK Negeri 2 Sragen
Kelas/Semester             :    XII / genap
Mata Pelajaran               CNC
Materi Pokok                  Menerapkan teknik pemesinan frais CNC
Pertemuan Ke-                9 - 18
Waktu                            4 x 10 x 45 menit

A.      KOMPETENSI INTI
1.   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi   berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.    KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

No
Kompetensi Dasar
Kode
Indikator
1.1
Menyadari sempurnanya ciptaan Tuhan tentang alam dan fenomenanya dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC dalam kehidupan sehari-hari
1.2
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC pada kehidupan sehari-hari
2.1
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC pada kehidupan sehari-hari
2.2
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam mengaplikasikan teknik pemesinan CNC pada kehidupan sehari-hari.
2.3
Menunjukkan sikap responsive, proaktif, konsisten dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas   mengaplikasikan teknik pemesinan CNC
3.8
Menerapkan teknik pemesinan frais CNC
3.8.1
Mampu memilih peralatan yang tepat mesin frais CNC
3.8.2
Mampu memasang kelengkapan alat mesin frais CNC
3.8.3
Memasang benda kerja
3.8.4
Memasang alat potong
3.8.5
Setting tool
4.8.1
Pengaturan parameter pemotongan
4.8
Menggunakan teknik pemesinan frais CNC
4.8.2
Input program pada mesin frais CNC
4.8.3
Mengeksekusi program pada mesin frais CNC
4.8.4
Mengedit program
4.8.5
Mengganti alat potong


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.                   Siswa dapat memilih peralatan yang tepat pada proses pemesinan frais CNC
2.     Siswa dapat memasang kelengkapan alat mesin frais CNC
3.     Siswa dapat memasang benda kerja pada mesin frais CNC
4.     Siswa dapat memasang alat potong mesin frais CNC
5.     Siswa dapat mengatur parameter mesin frais CNC
6.     Siswa dapat menggunakan mesin frais CNC
7.     Siswa dapat mengedit program mesin frais CNC
8.     Siswa dapat mengganti alat potong


D.    MATERI PEMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR
1.     Gambar kerja
2.    Program mesin frais CNC
3.    Rumus menghitung parameter mesin frais CNC
4.    Peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC
5.    Cara penggunaan mesin frais CNC

E.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan     : Saintifik (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan data, Mengasosiasi dan Mengkomunikasikan)
Model            : Pembelajaran Hasil Karya ( pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok  serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan  sehingga bermakna, relevan dan konstektual.
Sintaksis Model (PBL : Problem Based Learning)
Metode          : Tugas Individu

F.     ALAT/MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
1. Alat                    gambar mesin frais CNC, gambarkerja, program mesin cnc, alat-alat mesin
2. Media                : LCD Projector, video tentang mesin frais CNC
3. Sumber belajar  teknik produksi mesin industry (wirawan sumbodo, dkk. 2008)


















Uraian Pendekatan Model dan Metode :
Kompetensi Dasar
IPK
Sintaksis Model PBL : Problem Based Learning
Pendekatan Saintifik
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan   Informasi :
(Explorasi)
Menalar / Mengasosiasi
Mengko munikasikan
3.8  Menerapkan teknik pemesinan frais CNC
1.    Menerangkan cara penggunaan peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC
2.   Memilih peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC berdasarkan fungsi dan cara penggunaan
3.   Menjelaskan setting tool dan pemasangan alat potong pada mesin frais CNC
4.   Menjelaskan pengaturan parameter pemotongan mesin frais CNC
5.   Menjelaskan penggunaan mesin frais CNC
1.   Pemberian Stimulus terhadap siswa
Siswa mengamati peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC





2.         Identifikasi   Masalah
Siswa dapat mengidentifikasi fungsi dan cara penggunaan peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC

Siswa melakukan setting tool, pengaturan parameter, dan memasang benda kerja

Siswa dirangsang untuk bertanya: apa, mengapa dan bagaimana cara mensetting tool, mengatur parameter, memasang benda kerja dan   menggunakan  mesin frais CNC














4.8Menggunakan teknik pemesinan frais CNC
1.   Menunjukkankan cara penggunaan peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC
2.   Memilah peralatan dan kelengkapan mesin frais CNCberdasarkan fungsi dan cara penggunaan
3.   Menginput program mesin frais CNC
4.   Memodifikasi, mengedit program mesin frais CNC
3.Pengumpulan Data

tek
Siswa mencoba menggunakan peralatan dan kelengkapan mesin frais CNC, untuk membuat program mesin


4.Pembuktian



1.     Siswa dapat membuat program dan mengeksekusi program tersebut menggunakan peralatan dan kelengkapan mesin yang ada
2.   Siswa dapat menggunakan mesin frais CNC



5.Menarik  Kesimpulan




1.    Siswa dapat mengidentifikasi mesin CNCsesuai dengan standar atau norma penilaian
2.   Siswa dapat menilai hasil pekerjaannya.



G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan ke- 9 – 18

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.     Ketua kelas menyiapkan barisan di depan kelas
2.     Ketua kelas memimpin doa
3.     Seluruh siswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama
4.     Siswa dipersilakan masuk kelas, guru menyalami satu persatu
5.     Guru memeriksa kebersihan kelas dan lingkungan, jika dipandang belum bersih dan rapi maka siswa diminta membersihkan dan mengaturnya
6.     Guru memberi salam dan siswa menjawab salam
7.     Guru memeriksa/mengabsen kehadiran siswa
8.     Guru memberikan motivasi
9.     Guru menyampaikan rencana kegiatan selama satu semester
10.   Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan & KKM yang ingin dicapai
11.    Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada KD menerapkan teknik pemesinan frais CNC
15'
Inti
1.     Mengamati:
Siswa mengamati program mesin frais CNC pada layar proyektor.
2.    Menanya:
Siswa dirangsang untuk bertanya : apa, mengapa dan bagaimana cara membuat program dan mengeksekusinya
3.    Mengeksporasi : penalaran & mencoba
Siswa mencoba untuk mengeksekusi program mesin frais CNC yang terlihat pada gambar LCD.
4.    Mengasosiasi:
Siswa mencoba mengeksekusi program mesin frais CNC sesuai dengan prosedur yang ada
150'
Penutup
1.     Siswa menyampaikan kesimpulan tentang program mesin frais CNC
2.    Guru menyampaikan evaluasi & rencana tindak lanjut
3.    Guru memberikan pertanyaan lisan kepada beberapa siswa terkait materi yang baru disampaikan.
4.    Perencanaan pertemuan berikutnya
15'


H.   PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.    Teknik Penilaian           :    Penilaian Otentik meliputi Sikap, Pengetahuan, Ketrampilan
2.   Bentuk Penilaian          :    Pengamatan, Tes lisan, Tes terulis (uraian/pilihan ganda), Penilaian Produk/hasil
3.   Prosedur Penilaian       :

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Keterangan
1
Sikap
·   Pengamatan/Observasi (Indikator sesuai dlm agenda)
·   Selama KBM

2
Pengetahuan

·   Pengamatan
·   Tes tertulis
·   Tes Lisan
·   Selama KBM
·   Akhir tiap KD
ada rubrik penilaian
3
Keterampilan
·   Pengamatan saat Presentasi/ diskusi
·   Penilaian hasil karya/produk
·   Selama KBM
·   Akhir tiap KD
ada rubrik penilaian

  1. Rubrik Penilaian Aspek Sikap

No
Indikator
Norma Penilaian
1.          
Jujur
1.     Tidak pernah jujur
2.     Kadang jujur
3.     Sering jujur
4.     Selalu jujur
2.             2
Bertanggung Jawab
1.     Tidak membuat tugas atau melaksanakan kewajiban
2.     Tugas dibuat seadanya dan pengumpulan telat
3.     Tugas cukup baik dan tepat waktu
4.     Tugas atau kewajiban dibuat baik dan tepat waktu
3.             3
Kerjasama
1.     Tidak mau membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja
2.     Membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja jika disuruh
3.     Sedikit membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja
4.     Sepenuh hati membantu teman atau berperan dalam kelompok kerja
4.             4
Toleransi
1.   Tidak menghargai pendapat teman/ selalu protes
2.     Kurang menghargai pendapat teman/ sedikit cuek
3.     Menghargai pendapat beberapa teman saja
4.     Menghargai pendapat seluruh teman
5.             5
Santun
1.     Tidak  santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
2.     Kadang santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
3.     Sering santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
4.     Selalu santun dalam perkataan atau perbuatan terhadap teman/guru
6.             6
Disiplin
1.     Sering tidak masuk kelas tanpa ijin, sering terlambat masuk kelas, tidak mengngerjakan/terlambat mengerjakan tugas, alat ketinggalan, tidak rapi berpakaian
2.     Sering terlambat masuk kelas, tidak mengngerjakan/terlambat mengerjakan tugas, alat ketinggalan, tidak rapi berpakaian
3.     Kadang terlambat mengerjakan tugas
4.     Masuk kelas aktif dan tidak terlambat masuk kelas, aktif mengngerjakan tugas, rapi dalam berpakaian
7.             7
Percaya diri
1.     Tidak mau maju di depan kelas, tidak mau bertanya, tidak mengikuti ekstrakurikuler
2.     Kadang mau maju di depan kelas, mau bertanya, tidak mengikuti ekstrakurikuler
3.     Sering maju di depan kelas, mau bertanya, mengikuti ekstrakurikuler
4.     Selalu mau maju di depan kelas, mau bertanya, mengikuti ekstrakurikuler
8.             8
Kerja Keras
1.     Pekerjaan/tugas dikerjakan seadanya, kurang serius, terlambat mengumpulkan
2.     Tugas dikbuat seadanya, dikumpulkan tepat waktu
3.     Mengerjakan tugas dengan bagus dan tepat waktu
4.     Mengerjakan tugas dengan bagus dan cepat dikumpulkan


  1. Aspek Pengetahuan: rubrik untuk pengamatan dan tes lisan

No
Indikator
Norma Penilaian
1.               
Membuat program dan mengeksekusinya di mesin frais CNC
1       Dapat menerangkan program yang ada di mesin frais CNC
2      Dapat menerangkan mengeksekusi program mesin frais cnc
3      Dapat menerangkan urutan pengerjaan di mesin frais cnc
2.             
Memasang benda kerja, alat   potong, setting tool dan mengatur parameter pemotongan
1       Dapat memasang benda kerja mesin frais cnc
2      Dapat memngatur parameter pemotongan mesin frais cnc
3      Dapat mensetting tool yang digunakan pada mesin frais cnc
4      Dapat memasang tool di mesin frais cnc dengan benar
3.             
Mengedit program dan mengganti tool
1.     Dapat memilih alat kelengkapan bekerja dengan mesin cnc
2.     Dapat mengedit program pada mesin frais cnc
3.     Dapat memilih alat dan mengganti tool dengan benar




Sragen, 2 januari 2016


      Kepala Sekolah                                    WKS Kurikulum                          Guru Mapel





Sugiyarso, S.Pd.,M.Pd.                           Suharno, S.Pd.                          Agus Supriyanto, S.T
NIP 197105122003121002                          NIP 196704192003121002            NIP 19771012 201101 1 003




1 komentar:

  1. If you're attempting to lose weight then you need to jump on this totally brand new tailor-made keto diet.

    To create this keto diet, certified nutritionists, fitness trainers, and professional cooks joined together to produce keto meal plans that are effective, suitable, cost-efficient, and enjoyable.

    Since their launch in January 2019, hundreds of individuals have already remodeled their body and well-being with the benefits a certified keto diet can provide.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones provided by the keto diet.

    BalasHapus